Labels

Jumat, 15 November 2013

BAB 3 Koneksi ke Internet

Dalam materi ini saya akan membahas cara koneksi ke internet dengan 2 cara yang berbeda. yang pertama yaitu koneksi internet dengan menggunakan jaringan wi-fi. Sedangkan cara yang kedua dengan menggunakan perangkat modem (modulator demodulator).

Koneksi Internet dengan Jaringan Wi-fi

1. Terlihat icon ‘Connection’ yang belum terhubung ke internet



2. Klik icon ‘Connection’ untuk melihat jaringan area hotspot (wi-fi). Pada gambar di bawah terdapat 3 jaringan wi-fi.

3. Klik salah satu pilihan area jaringan wi-fi.  Setelah di Klik akan muncul tombol ‘Connect’. Tanda centang pada ‘Connect automatically’ berfungsi untuk koneksi secara otomatis ketika kita berada dalam area wi-fi tersebut. Apabila tidak tercentang maka harus melakukan koneksi ssecara manual dengan Klik tombol ‘Connect’.

4. Setelah klik tombol ‘Connect’ maka muncuk kotak dialog proses untuk terhubung ke jaringan wi-fi

5. Ciri-ciri apabila sudah terhubung dengan jaringan wi-fi adalah pada sebelah nama jaringan wi-fi terdapat tulisan ‘Connected’ dan pada icon ‘Connection’ berubah menjadi sinyal jaringan wi-fi tersebut.

6. Lalu buka browser ‘Mozilla Firefox’ untuk mengetes koneksi. Misalnya, buka situs ‘www.google.com’ apabila sudah masuk ke halaman Google maka jaringan internet bisa digunakan untuk berselancar





Koneksi Internet Menggunakan Modem

1. Dalam materi ini saya menggunakan modem CDMA Flexi. Langkah pertama adalah mencolokkan modem ke USB. Setelah modem tertancap otomatis komputer akan  membuka driver yang sudah terinstall.

2. Setelah itu muncul tampilan aplikasi modem.

3. Karena disini menggunakan modem CDMA Flexi maka pengaturan network harus sesuai dengan layanan providernya. Klik menu File > Setting

4. Untuk provider Telkom Flexi menngunakan pengaturan, Number: #777 ; Username: telkomnet@flexi ; Password: Telkom. Pengaturan tersebut merupakan pengaturan default dari modem.

5. Setelah pengaturan selelai, Klik tombol Connect

6. Tunggu modem tersambung ke layanan internet

7. Tanda-tanda ketika sdah terkoneksi ke internet yaitu pada badian bawah aplikasi software terdapat tulisan ‘Connected’.

8. Untuk mengetes koneksi internet, bisa dicoba browsing ke http://www.google.com


0 komentar:

Posting Komentar