Labels

Jumat, 15 November 2013

BAB 1 Pengenalan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data yang meliputi manipulasi, transmisi, recieving, retrive, misalnya: e-mail, e-commerce, robotika, dll.

Penerapan Teknologi Informasi

          Peranan dan penerapan Teknologi dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain penerapan Teknologi Informasi ini dapat melingkupi banyak bidang, antara lain: pendidikan, kesehatan, bisnis, dll.
          Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan Teknologi Informasi dalam berbagai bidang:
  1. Bidang Pendidikan
    Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
  2. Bidang KesehatanTeknologi Informasi dalam bidang kesehatan salah satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. 
  3. Bidang PerbankanKomputer yang digunakan untuk menhgasilkan informasi bagi pihak manajemen bank juga untuk meningkatkan pelayanan terhadap nasabah. Layanan informasi itu seperti, informasi saldo, informasi transakasiyang pernah dilakukan, tagihan kartu kredit, serta pembayaran tagihan telepon, listrik, maupun transfer dana.
  4. Bidang IndustriKomputer dapat digunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (process control). Pengawasan numerik merpakan pengawasan secara otomatis terhadap posisi operasi berbagai mesin, misalnya, grenda, mesin press, mesin pemotong. 
Perbedaan Teknologi Iformasi Dengan Teknologi Komunikasi
Teknologi Informasi adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
 Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain.
 Teknologi Informasi lebih menekankan pada proses pengolahan data (informasi), yang dapat berupa masukan data, menyimpan, dan menampilkan data (print out) dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer.
 Sedangkan Teknologi komunikasi lebih menekankan pada penggunaan media (seperti komputer) dalam menyampaikan informasi, tentunya mengkomunikasi informasi tersebut secara efektif dan efisien.

0 komentar:

Posting Komentar